Bismillah Barakallahu Fiik : Ust. Dr. Khalid Basalamah, MA ________ Mengapa Mu…

///Bismillah Barakallahu Fiik : Ust. Dr. Khalid Basalamah, MA ________ Mengapa Mu…

Bismillah Barakallahu Fiik : Ust. Dr. Khalid Basalamah, MA ________ Mengapa Mu…


 

Bismillah
Barakallahu Fiik :
Ust. Dr. Khalid Basalamah, MA
________

Mengapa Mudah Mengkafirkan Pemerintah ?
.
Allah Ta’ala Berfirman : “Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul, serta ulil amri di antara kalian. Kemudian apabila kalian berselisih tentang suatu perkara maka kembalikanlah kepada Allah dan Rasul, jika kalian beriman kepada Allah dan hari akhir. Hal itu adalah yang terbaik untuk kalian dan paling bagus dampaknya.” (QS. an-Nisaa’: 59)

Ayat yang mulia ini mengandung pelajaran:

1. Terdapat perbedaan penafsiran mengenai makna ulil amri
.
Abu Hurairah radhiyallahu’anhu sebagaima diriwayatkan oleh Ibnu Jarir ath-Thabari dengan sanad sahih, beliau berkata, “Mereka -yaitu ulil amri- adalah para pemimpin/pemerintah.”
.
Penafsiran serupa juga diriwayatkan dari Maimun bin Mihran dan yang lainnya. Sedangkan Jabir bin Abdullah berkata bahwa mereka itu adalah para ulama dan pemilik kebaikan. Mujahid, Atha’, al-Hasan, dan Abul Aliyah mengatakan bahwa yang dimaksud adalah para ulama
.
Mujahid juga mengatakan bahwa yang dimaksudkan adalah para sahabat. Pendapat yang dikuatkan oleh Imam asy-Syafi’i adalah pendapat pertama, yaitu maksud ulil amri adalah para pemimpin/pemerintah (lihat Fath al-Bari [8/106] pdf)
.
Oleh sebab itu an-Nawawi rahimahullah membuat judul bab untuk hadits Ibnu Abbas radhiyallahu’anhuma mengenai tafsir ayat ini dengan judul ‘Kewajiban taat kepada pemerintah selama bukan dalam kemaksiatan dan diharamkannya hal itu dalam perbuatan maksiat’. Kemudian beliau menukilkan ijma’/konsensus para ulama tentang wajibnya hal itu (lihat Syarh Muslim [6/467])
.
Adapun pendapat yang dikuatkan oleh Ibnul Qayyim rahimahullah bahwa kandungan ayat ini mencakup kedua kelompok tersebut; yaitu ulama maupun umara/pemerintah. Dikarenakan kedua penafsiran ini sama-sama terbukti sahih dari para sahabat (lihat adh-Dhau’ al-Munir ‘ala at-Tafsir [2/235 dan 238] pdf)
.
.
Artikel : Muslim.or.id/Mengapa Mudah Mengkafirkan Pemerintah
.
.
🎬@dakwahindah.id @statusnasehat
.
.
#dakwahsunnah #ustadzkhalidbasalamah #dakwahtauhid #sunnah #tauhid #muslim #muslimah #manhajsalafusshalih
#IndonesiaBertauhid



klik disini untuk menuju kepada sumber artikel

About the Author:

Leave A Comment