Rontok Satu Persatu . Di antara dampak maksiat yang disegerakan terhadap seorang…

///Rontok Satu Persatu . Di antara dampak maksiat yang disegerakan terhadap seorang…

Rontok Satu Persatu . Di antara dampak maksiat yang disegerakan terhadap seorang…


Rontok Satu Persatu
.
Di antara dampak maksiat yang disegerakan terhadap seorang Muslim adalah ia akan merasa berat untuk melakukan ketaatan yang biasanya ringan dia lakukan.
.
Jika ia lawan perasaan berat Itu, ia tambah dengan amal kebaikan-kebaikan lainnya, maka hilanglah rasa berat dalam menjalankan ketaatan yang biasa ia lakukan.
.
Jika ia tidak melawan perasaan berat tersebut, maka ketaatan yang biasa ia lakukan akan ia tinggalkan sedikit demi sedikit hingga akhirnya ia tidak melakukannya sama sekali.
.
Mulai dari rontoknya ibadah-ibadah sunnah yang rutin ia lakukan, satu persatu, sehingga tidak adalagi Ibadah sunnah yang ia kerjakan.
Ataupun mulai terbiasa untuk melakukan hal-hal yang makruh.
.
Kemudian, melemahnya ketaatan wajib yang ia lakukan. Meskipun ia tetap melakukan Ibadah wajib, namun ia mulai meninggalkan keutamaan-keutamaan atau bahkan mulai menyepelekan, lebih mementingkan dunia daripada Ibadah wajib tersebut.
.
Disusul pula dengan semakin enteng ia melakukan kemaksiatan-kemaksiatan lainnya. Yang dulunya ia begitu bersemangat di atas Sunnah, ia pun menjadi kendor.
.
Jika ia seorang ahli ilmu, maka ia mulai memilih-milih pendapat yang marjuh, tidak lain & tidak bukan hal tersebut dikarenakan ia terkalahkan oleh hawa nafsunya.
.
Yang lebih mengerikan lagi, ia tidak merasa bahwa dirinya sudah jauh dari Sunnah, Ia menganggap dirinya masih di atas Sunnah.
.
Ia beranggapan yang penting masih di atas tauhid, padahal ia sudah menyimpang dari tauhid.
.
Ia lupa kalau Allah pernah berfirman,
.
Terangkanlah kepadaku tentang orang yang menjadikan hawa nafsunya sebagai Tuhannya. Maka apakah kamu dapat menjadi pemelihara atasnya? (Al-Furqan – 43)
.
Ustadz Boris Tanesia -hafidzahullah-
.
Follow @majeedr1 @statusnasehat
.
#IndonesiaBertauhid #futur #istiqomah #dosa #jauhidosa #jauhimaksiat #yuktaubat #tobatsebelumterlambat.
.
Follow: @jogja.mengaji
Follow: @indonesiatauhid
Follow: @indonesiabertauhidtv



klik disini untuk menuju kepada sumber artikel

About the Author:

Leave A Comment