Syirik, Penghapus Pahala Amalan . Bismillah. Segala puji hanya bagi Allah Rabb s…

///Syirik, Penghapus Pahala Amalan . Bismillah. Segala puji hanya bagi Allah Rabb s…

Syirik, Penghapus Pahala Amalan . Bismillah. Segala puji hanya bagi Allah Rabb s…


 

Syirik, Penghapus Pahala Amalan
.
Bismillah. Segala puji hanya bagi Allah Rabb semesta alam, shalawat serta salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad beserta keluarganya dan para sahabatnya, serta orang-orang yang mengikuti jalannya dengan ihsan.

Allah Ta’ala berfirman dalam Al Qur’an yang mulia: “Dan sesungguhnya telah diwahyukan kepadamu dan kepada (nabi-nabi) yang sebelummu: “Jika kamu berbuat syirik, niscaya akan terhapuslah amalmu dan tentulah kamu termasuk orang-orang yang merugi”
(Qs. Az Zumar: 65)
.
Al Imam Ibnu Katsir rahimahullah menyebutkan sebab turunnya ayat ini:
“para salaf menyebutkan sebab turunnya ayat ini sebagaimana yang diriwayatkan oleh Ibnu Abi Hatim dan lainnya, dari Ibnu ‘Abbas radhiallahu’anhu: bahwasanya kaum Musyrikin dengan kejahilan mereka, mengajak Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam untuk beribadah kepada sesembahan mereka bersama mereka”
(Tafsir Ibnu Katsir, 7/113)
.
Kesyirikan adalah penghapus amalan shalih. Hal ini berlaku sejak dahulu, yaitu para Nabi dan Rasul terdahulu. As Sa’di rahimahullah menjelaskan:
“‘Dan sesungguhnya telah diwahyukan kepadamu dan kepada orang-orang yang sebelummu‘ maksudnya seluruh para Nabi terdahulu. ‘Jika kamu berbuat syirik, niscaya akan terhapuslah amalmu‘ amaluka di sini merupakan mufrad mudhaf, sehingga maksudnya mencakup semua amalan dan seluruh para Nabi. Yaitu bahwa perbuatan syirik itu menghapus semua amalan. Sebagaimana firman Allah Ta’ala:
“Itulah petunjuk Allah, yang dengannya Dia memberi petunjuk kepada siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya. Seandainya mereka mempersekutukan Allah, niscaya lenyaplah dari mereka amalan yang telah mereka kerjakan”
(QS. An An’am: 88)
.
dan tentulah kamu termasuk orang-orang yang merugi, maksudnya rugi dunia dan akhirat. Maka, dengan kesyirikan, terhapuslah semua amalan. Dan pelakunya berhak mendapatkan hukuman dan adzab.”
(Taisir Karimir Rahman, 729)
.
🌐 muslim.or.id/syirik-penghapus-amalan-amalan-shalih.html
💜 @antibidahclub

#antibidahclub #syirik #sesajen #tumbal



klik disini untuk menuju kepada sumber artikel

By |2018-10-22T23:09:52+00:00October 22nd, 2018|Categories: Articles, Seputar Bid'ah|Tags: , , , , , , , |0 Comments

About the Author:

Leave A Comment